MENJELASKAN TENTANG KOMPUTER
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Dosen
Pengampu:
Andi
Ainnunajib Fikri,S.T.,M.Pd.I.
Disusun
Oleh:
Gina
Sonia
Lusi
Widianingsih
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
(PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH
ISTITUT AGAMA ISLAM DARUSALAM
CIAMIS
2019
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami ucapkan atas rahmat dan berkah Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah
memberikan kemudahan dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah
Teknologi Informasi dan komunikasi .
Adapun
makalah ini kami
susun guna memenuhi
persyaratan nilai tugas
dalam mata kuliah
TIK di Fakultas Tarbiyah INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSALAM CIAMIS.
Dalam
makalah ini kami membahas tentang
“KOMPUTER”. Terima kasih kami ucapkan
kepada dosen pembimbing
karena telah memberikan
kami tugas sehingga
menambah pengetahuan.
Kami
selaku penyusun sadar akan ketidaksempurnaan dan kekurangan dalam makalah ini
baik dalam hal sistem penyusunan maupun materinya. Oleh sebab itu kami sangat
berharap kritik dan saran yang membangun guna mengembangkan pengetahuan kita
bersama dan penunjang lebih baik lagi untuk makalah selanjutnya dari pembaca
khususnya kepada dosen pengampu.
Akhir
kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak.
Darusalam,23
februari 2019
Penyusun,
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komputer
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan
sehari-hari.Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan
hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan
terus berkembang tanpa batas.Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti
perkembangan kemajuan teknologikhususnya bidang komputerisasi agar kita tidak
termakan oleh alat yang kita buat sendiri.Saat ini komputer hampir dapat
dijumpai di setiap kantor pemerintah, perusahaan,sekolah, atau bahkan rumah
tangga. Perkembangan teknologi komputer yang pesat, khususnya di bidang
perangkat lunak, membuat computer menjadi semakin user
friendly
dan telah menjadikannya
suatu kebutuhan bagi kalangan tertentu, misalnya kalangan bisnis. Dalam melakukan
pekerjaan mereka sangat tergantung pada komputer. Komputer tidak lagi
hanyadigunakan sebagai pengganti mesin tik ataupun alat hitung, namun kini juga
banyak digunakan dalam membantu pembuatan keputusan
penting.Atas dasar itu penulis mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan
harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya
bagi penulis.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian Komputer ?
2. Bagaimana sejarah komputer ?
3. Bagaimana fungsi komputer ?
4. Apa saja jenis-jenis komputer ?
5. Bagaimana cara yang benar dan sehat
dalam menggunakan komputer ?
6. Bagaimana cara perawatan komputer dengan
baik ?
1.3 Tujuan Masalah
1. Mengetahui pengertian komputer.
2. Mengetahui bagaimana sejarah komputer.
3. Mengetahui sejarah komputer.
4. Mengetahui dan memahami jenis-jenis
komputer.
5. Mengaplikasikan pada kehidupan
sehari-hari bagaimana cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer.
6. Mengaplikasikan cara perawatan komputer.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Komputer
Komputer (computer) diambil dari computare (bhs
latin) yang berarti menghitung (to compute atau
to reckon). Kata
computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri . Beberapa pakar dan
peneliti memiliki pengertian tersendiri dengan computer diantaranya sebagai
beriikut :
1. Robert H. Blissmer
dalam buku Computer Annual,
Komputer adalah suatu alat elektronik
yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses
input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil
pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Donald H. Sanders
dalam buku Computer Today,
Komputer adalah sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat
serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan
suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored
program).
3. Hamacher dkk,
dalam buku Computer Organization, Komputer adalah mesin penghitung eletronik yg
cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu
program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
Jadi dapat disimpulkan bahwa computer
adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang
mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja
secara otomatis.
2.2 Sejarah Komputer
1.
Generasi pertama
(1946-1959)
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal,
merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara
(vacum-tube) digunakan sebagai komponen
penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari
kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan
mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang
berfungsi sebagai pendingin
a.
1946 : ENIAC,
komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton,
panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts
b.
1953 : IBM 701,
komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling
populer
Adapun
Ciri-cirinya :
a.
Program
dibuat dengan bahasa mesin ;
ASSEMBLER
b.
Ukuran
fisik komputer sangat besar, Cepat panas
c.
Proses
kurang cepat , Kapasitas penyimpanan kecil
d.
Memerlukan
daya listrik yang besar
e.
Orientasi
pada aplikasi bisnis
2.
Generasi Kedua
(1959-1964)
Transistor merupakan ciri khas komputer
generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu:
"basic", "collector" dan
"emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor,
yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka
daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Dengan
demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen
padat, transistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah
pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi
lebih kecil dan lebih murah. Komputer
yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk
aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik
Adapun
Ciri-cirinya :
a. Sirkuitnya berupa transistor
b.
Program
dapat dibuat dengan bahasa tingkat
tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL
c. Kapasitas memori utama sudah cukup
besar
d.
Proses
operasi sudah cepat
e. Membutuhkan lebih sedikit daya
listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik.
3.
Generasi Ketiga
(1964-1970)
a.
1964
: IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis
dan teknik.
b.
1969
: NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit
pertama Adapun Ciri-cirinya :
a. Menggunakan IC ( Integrated
Circuit )
b.
Pemrosesan
lebih cepat
c. Kapasitas memori lebih besar lagi
d.
Penggunaan
listrik lebih hemat
e. Bentuk fisik lebih kecil
f. Banyak
bermunculan application software
4.
Generasi Keempat
(1970-1990)
Komputer generasi keempat memiliki ciri
bahwa komponen yang digunakan sudah beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang
dijadikan dalam sebuah chip yang disebut dengan LSI (large Scale Integration) atau disebut juga
dengan Bipolar pada
komputer generasi keempat ini sudah menggunakan system operasi windows yang
pertama.
5.
Generasi Kelima
(Sejak 1990 an)
Komputer
generasi keempat memiliki ciri bahwa pengembangan
dari chip yang disebut dengan LSI (large Scale
Integration) atau disebut juga dengan
Bipolar large Scale Integration
(BLSI) menjadi VLSI .
2.3 Fungsi Komputer
sebenarnya
komputer memiliki 4 fungsi utama, yaitu :
1.
Input
Fungsi pertama adalah input, yaitu
menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling mudah dari fungsi
ini adalah informasi dari ketikan keyboard atau klik mouse. Komputer juga bisa
mendapatkan informasi dari peralatan lain atau komputer lain.
2.
Processing
Fungsi utama dari komputer adalah
melakukan pemrosesan. Yang diproses adalah berbagai macam data dan informasi
yang diberikan oleh perangkat input. Kemudian data yang tersimpan dalam memori
internal akan diproses untuk menghasilkan informasi baru yang nantinya akan
dikirim ke perangkat output.
3.
Output
Setelah diproses, informasi yang
dihasilkan akan menjalankan fungsi output. Hasilnya akan tersedia untuk
digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya. Contoh dari perangkat output
adalah monitor komputer, printer dan speaker. Perangkat tersebut yang
menyajikan output dari komputer untuk dimanfaatkan oleh pengguna atau perangkat
lain.
4.
Storage
Fungsi komputer yang terakhir adalah
sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan
berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Ada yang
disimpan dalam memori utama komputer, ada juga yang disimpan dalam memori
tambahan. Informasi yang disimpan juga bisa dibedakan menjadi data pengguna dan
data instruksi. Data instruksi inilah yang biasanya dikenal dengan sebutan
program atau software komputer
2.4 System Komputer
1.
HARDWARE : Peralatan pisik dari
komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang,
ataupun dipindahkan
Input (unit masukan):
Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat (input device) Contoh : keyboard, mouse, scanner, disk
drive, touch screen, lightpen, OCR,OMR, barcode reader,sensor,dll.
Processing
: Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa
proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan,
atau mencari di storage. Output
: Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan
menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi . Alat keluaran
terdiri atas ; hard copy device, soft copy device, drive device. Contoh
printer, plotter, monitor, speaker, LCD monitor dll.
2. SOFTWARE
: suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun berbagai
prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya.
a.
Sistem Operasi adalah software
yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai Aplikasi untuk
bermacam-macam pengguna. contoh OS adalah DOS, Unix, Novell, Windows dll.
b. Program
Aplikasi adalah software
yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah
user.
3. BRAINWARE
: orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai
alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan
komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan
.
a.
System Analyst : orang yang
bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu system /
prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan
oleh pemakai jasa komputer.
b.
Programmer : yang bertugas di
dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi
c.
Operator : yang
bertugas mempersiapkan komputer utk memproses suatu program mulai dari
menghidupkan komputer, menjalankan komputer (mengoperasikan program-program
komputer / aplikasi komputer)
2.5 Jenis-jenis Komputer
1.
Berdasarkan
sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi:
a. Komputer Analog,
menerima sinyal masukan berupa data analog. Contoh : komputer penghitung aliran
BBM dalam SPBU
b. Komputer Digital,
mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
c. Komputer hibrid,
menerima masukan analog dan digital
2.
Berdasarkan
ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
a.
Komputer mikro,
berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook,
Palmtop, PDA, dll
b.
Komputer Mini,
berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih
besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll
c.
Supercomputer,
merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan
pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
3.
Berdasarkan
Generasi
Berdasarkan generasi teknologi
penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
a.
Generasi
I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
b.
Generasi
II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
c.
Generasi
III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit) .
d.
Generasi
IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)
2.6 Cara yang Benar dan Sehat dalam
Menggunakan Komputer
1. Perhatikan posisi duduk
Ketika hendak menggunakan komputer awalilah dengan posisi
duduk yang baik. Posisi duduk yang baik
akan menghindarkan pengguna dari gangguan kesehatan yang terjadi di daerah
sekitar punggung maupun leher, karena posisi duduk yang salah dapat menyebabkan
sirkulasi darah tidak lancar sehingga mengakibatkan terjadinya nyeri leher
ataupun nyeri punggung.
2. Posisi Monitor
Monitor merupakan bagian dari piranti komputer yang memancarkan
cahaya yang langsung ditangkap oleh mata. Efek samping yang sering ditimbulkan
oleh interaksi yang terlalu lama dengan monitor adalah masalah gangguan
penglihatan. Untuk mencegah hal tersebut usahakan untuk memosisikan
monitor sejajar dengan mata agar
memudahkan mata untuk berhadapan langsung dengan layar monitor.. Atur juga
posisi duduk sehingga jarak mata dan layar monitor berkisar antara 45-70 cm.
3. Posisi Tangan terhadap Mouse dan
Keyboard
Mouse dan keyboard merupakan piranti komputer yang paling
banyak berinteraksi dengan tangan khususnya jari-jari. Banyaknya aktivitas yang
dilakukan jari-jari kita dengan kedua piranti ini dapat menimbulkan kelelahan
pada jari-jari tangan bahkan tak jarang juga menimbulkan masalah pada tulang
pergelangan tangan. Oleh karena itu usahakan dengan meletakkan mouse dan
keyboard tidak jauh dari tangan sehingga mudah dijangkau, serta letakkan mouse
tidak jauh dari keyboard agar tangan tidak terlalu kesulitan saat harus
menggunakan keduanya.
4. Posisi Kaki
Saat melakukan ktivitas dengan komputer, posisi kaki yang baik
adalah menapak pada lantai atau pada sandaran kaki.
5. Gunakan Penjepit Kertas
Apabila kegiatan mengetik dibarengi
dengan aktivitas membaca. usahakan untuk menggunakan penjepit kertas yang
dijepit di sebelah monitor dengan tujuan agar mata memandang ke arah yang
sejajar dengan layar monitor
6. Istirahat secara Berkala
Biasakan untuk beristirahat setiap 1 jam sekali selama 5 atau
10 menit dengan cara beranjak dari tempat duduk, sebab penggunaan komputer
dalam waktu yang lama tanpa diimbangi dengan istirahat sedikitpun dapat
menyebabkan badan terasa pegal-pegal dan
bisa menimbulkan rasa nyeri. Bila perlu setiap 5-10 menit pandanglah kejauhan
selama 5-10 detik agar terhindar dari mata lelah ataupun pedih akibat mata
harus menatap layar monitor terus-menerus.
2.7 Cara Perawatan Komputer dengan Baik dan Benar
1. Membersihkan file-file sampah
Maksudnya adalah
pembersihan sampah-sampah yang tidak di butuhkan oleh sistem seperti cache
program, file temporary dll.
2. Uninstall aplikasi yang tidak perlu.
Hapus program yang
sekiranya tidak diperlukan karena di zaman yang moderen ini banyak sekali
aplikasi-aplikasi yang baru.
3. Scan dengan antivirus
Sistem operasi windows
sering menjadi target utama serangan virus, malware, spyware. Oleh karena itu,
wajib bagi pengguna OS windows untuk menginstall aplikasi Antivirus.
4. Cek memori RAM
5. Bersihkan debu atau kotoran yang ada
pada komputer.
6. Gunakan komputer dengan bijak.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Komputer adalah sekelompok alat
elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan
output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.
2. Sejarah komputer
Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan
tabung hampa
Generasi II, tahun 1959-1965,
menggunakan transistor
Generasi III, tahun 1965-1970,
menggunakan IC (Integrated Circuit) .
Generasi IV, tahun 1970-sekarang,
menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)
3. Fungsi Komputer adalah untuk Input, Output , Processing,Storage .
4. Jenis-jenis komputer
Berdasarkan sinyal masukan, komputer
dapat diklasifikasikan menjadi:
Komputer Analog,Komputer Digital.,
Komputer hibrid,
Berdasarkan ukuran
fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi : Komputer mikro, Komputer Mini, Supercomputer.
Berdasarkan Generasi : Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan
tabung hampa , Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor ,Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan
IC (Integrated Circuit),Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI
(Very Large Scale IC)
5. Cara yang benar dan sehat dalam
menggunakan komputer
a. Perhatikan posisi duduk
b. Posisi monitor
c. Posisi tangan pada mouse dan keyboard.
d. Posisi kaki
e. Gunakan penjepit kertas.
f.
Istirahat
secara berkala.
6. Cara perawatan komputer dengan baik :
Membersihkan file-file sampah,
Uninstall aplikasi yang
tidak perlu, Scan dengan antivirus, Cek memori RAM , Bersihkan debu atau
kotoran yang ada pada komputer, Gunakan komputer dengan bijak..
DAFTAR PUSTAKA
Sutanta edy,2005, Pengantar Teknologi dan komunikasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Dhanang sukmana Adi, 2010. Teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta
. CV Teguh Karya
IlmuKomputer.com
http:/blog.ub.ac.id//ulfynajmina/akso/akso/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar